LOGO

News

Maybank Marathon Sukses Digelar, Ini Sederet Dampak Positif Bagi Perekonomian Bali

Maybank Marathon Sukses Digelar, Ini Sederet Dampak Positif Bagi Perekonomian Bali

07/10/2024 19:50:50
Maybank Indonesia sukses gelar lomba Elite Label Road Race Maybank Marathon yang ke13 di Gianyar Bali  yang memberikan dampak positif bagi perekonomian di Bali
  • Maybank Indonesia sukses gelar lomba Elite Label Road Race Maybank Marathon yang ke13 di Gianyar Bali yang memberikan dampak positif bagi perekonomian di Bali

Jakarta,Okezone – Pada akhir Agustus 2024, Maybank Indonesia sukses menggelar Maybank Marathon ke-13 di Gianyar, Bali. Tak hanya sebagai ajang olahraga, event ini juga menjadi momentum untuk mengukur dampak ekonomi yang signifikan bagi Bali. Bersama Katadata Insight Center, Maybank Indonesia melakukan studi mendalam untuk mengungkap kontribusi Maybank Marathon terhadap pertumbuhan ekonomi Bali di tahun 2024.

Studi Katadata Insight Center ini dilakukan dengan melibatkan pelari dan pelaku usaha di sekitar perhelatan Maybank Marathon 2024. Hasil studi disampaikan kepada seluruh sponsor dan media partner di acara Maybank Marathon Appreciation Night pada akhir September lalu.

Dari hasil studi tersebut mengungkapkan, dampak positif yang ditimbulkan dari penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 terhadap perekonomian di Bali mencapai Rp125 miliar. Angka ini didapatkan dari pengalian nilai rata-rata belanja peserta lari sebesar Rp9,8 juta dengan jumlah total peserta lari yaitu 12.700 orang.

Selain dampak langsung, studi ini juga mengukur dampak tidak langsung (multiplier effect) penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 yang tercatat sebesar Rp164 miliar. Angka ini didapatkan melalui perkalian nilai dampak langsung terhadap indikator ekonomi di 52 sektor seperti, diantaranya, konstruksi, perdagangan, jasa informasi dan komunikasi, hingga jasa kesehatan.

Adapun rincian belanja peserta Maybank Marathon 2024 terdiri dari biaya akomodasi sebesar Rp2,85 juta, makanan dan minuman sebesar Rp1,96 juta, transportasi (di luar tiket pesawat) sebesar Rp1,80 juta, souvenir sebesar Rp1,69 juta, dan biaya untuk wisata sebesar Rp1,51 juta. Demikian juga, omzet harian pelaku usaha di Bali menurut studi mengalami kenaikan sebesar 48,3 persen, diikuti jumlah pelanggan harian juga meningkat 45,1 persen saat Maybank Marathon 2024 digelar.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan menuturkan, studi yang dilakukan oleh media partner Maybank Marathon memberikan indikasi atas dampak ekonomi yang ditimbulkan dari penyelenggaraan event internasional berdasarkan jumlah peserta 2024, yakni sebanyak 12.700 orang. 

“Tentunya, angka ini akan jauh lebih tinggi apabila rekan atau sanak keluarga peserta turut diperhitungkan. Di lain sisi, kami bersyukur, Maybank Marathon tidak hanya mampu menarik minat peserta lari dari dalam maupun luar negeri yang terus meningkat setiap tahunnya, tetapi juga mampu mendorong perputaran dana melalui pembelanjaan yang dilakukan oleh peserta dan kerabatnya selama berada di Bali,” ujarnya.

Dari studi yang sama, juga diketahui durasi stay-in peserta Maybank Marathon terbanyak mencapai 3-4 hari, dan 56,7 persen peserta berangkat ke Bali bersama rekan dan komunitasnya, sedangkan 26,7 persen mengajak anggota keluarga. Demikian juga, sebesar 13,3 persen datang bersama pasangan dan sebesar 6,7 persen berangkat sendiri.

Selain mengikuti Maybank Marathon 2024, studi yang sama mengungkapkan bahwa peserta juga melakukan wisata alam sebesar 96,7 persen, wisata adventure sebesar 26,7 persen, wisata kebugaran sebesar 23,3 persen, wisata hiburan sebesar 13,3 persen dan wisata taman rekreasi sebesar 10 persen.

Tak hanya memberikan dampak positif bagi perekonomian, event  Maybank Marathon berhasil memberikan dampak di berbagai peningkatan kualitas penyelenggaraan di antaranya, pelaksanaan event di lokasi (venue) baru yang memungkinkan race pack collection dilaksanakan dalam satu lokasi. Dengan venue baru, titik start/finish lomba dan rute lari juga mengalami penyesuaian.

Untuk memahami persepsi peserta terhadap perhelatan Maybank Marathon 2024, Maybank Indonesia menggelar survei pasca event dengan tingkat kepuasan (overall satisfaction rate) yang mencapai 91 persen diikuti dengan 93 persen peserta menyatakan puas dengan lokasi baru dan rute lari yang disesuaikan, sebesar 88 persen.

“Selain mengukur dampak ekonomi, hasil survei pasca event yang positif ini juga menjadi bukti keberhasilan kami dalam menyelenggarakan event berstandar internasional yang terus kami pupuk dari tahun ke tahun,” ujar  Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.

Berdasarkan hasil studi dan survei, Widya menyimpulkan bahwa Maybank Marathon memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian. Kesuksesan ini memotivasi Maybank Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas acara dan menghadirkan inovasi baru pada perhelatan lomba yang menjadi event pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan predikat Elite Label Road Race dari World Athletics.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FDA.-)

Berita selanjutnya