- Lead Rubber Bearing (LRB) merupakan teknologi tahan gempa yang sudah dipasang pada beberapa jembatan di Indonesia
Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Konstruksi Tahan Gempa, LRB
Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Konstruksi Tahan Gempa, LRB
13/02/2023 11:30:00

JAKARTA,KOMPAS.com - Sebagai negara yang berada di wilayah Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia wajib memiliki konstruksi yang tahan gempa.
Hal ini sangat penting dilakukan demi meminimalkan jatuhnya korban jiwa serta kerusakan pada infrastruktur yang dibangun.
Untungnya saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerapkan teknologi Lead Rubber Bearing pada infrastruktur berskala besar seperti jembatan.
Seperti dikutip dari laman Bina Marga Kementerian PUPR, LRB merupakan gabungan antara bantalan karet dan baja berinti timbal yang dilaminasi dengan dengan pelat baja untuk pemasangan ke struktur jembatan.
Material Karet dalam LRB tersebut bertindak sebagai pegas. Ketika gempa terjadi, LRB dapat memperpanjang periode alami jembatan dan mengurangi kekuatan horizontal yang disebabkan oleh berat struktur.
Sederhananya, LRB dapat meningkatkan ketahanan struktur ketika terjadi kemba. Alat ini mampu memberikan redaman pada gempa sehingga memberikan periode getar lebih panjang dan menurunkan respon guncangan.
LRB tak hanya bisa dipasangkan pada jembatan baru namun juga bisa disematkan pada jembatan eksisting.
Penggantian bearing dengan LRB untuk jembatan yang sudah ada relatif mudah dan dapat dilaksanakan. Bahkan kini sudah ada LRB hasil produksi dalam negeri.
Teknologi LRB telah diterapkan di beberapa jembatan di Indonesia seperti pada Jalan Tol Layang, Ir. Wiyoto Wiyono, Jalan Tol Layang Ujung Pandang (AP Pettarani), Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Jakarta CIkampek Elevated, serta Jalan Tol Trans Jawa.