LOGO

News

Menguji Performa Ban Segala Medan Terbaru GT Radial Savero AT Pro

Menguji Performa Ban Segala Medan Terbaru GT Radial Savero AT Pro

10/03/2023 10:02:00
Pengujian ban mobil segala medan atau All Terrain (AT), GT Radial Savero AT Pro, dilakukan pada Gajah Tunggal Proving Ground.
  • Pengujian ban mobil segala medan atau All Terrain (AT), GT Radial Savero AT Pro, dilakukan pada Gajah Tunggal Proving Ground.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Gajah Tunggal Tbk resmi meluncurkan ban segala medan atau All Terrain (AT) terbaru, yakni Savero AT Pro. Peluncuran ini diikuti dengan pengetesan di Gajah Tunggal Proving Ground di Karawang, Jawa Barat.

Dalam pengetesan ini, Gajah Tunggal menyiapkan beberapa lokasi pengetesan, mulai semi off road hingga jalanan on road atau aspal, dengan berbagai rintangan.

Untuk sesi pertama, Kompas.com menjalani sesi tes pada trek semi off road, dengan rute sekitar 3,7 Km. Mobil yang digunakan adalah Toyota Fortuner.

Pengetesan ban GT Radial Savero AT ProKompas.com/Donny Pengetesan ban GT Radial Savero AT Pro

Mulai dengan akselerasi, kemudian tes pengereman mendadak, ban Savero AT Pro dirasa mampu memberikan traksi yang relatif baik. Dengan kondisi jalanan kerikil atau gravel, ban ini juga mampu meredam suara berisik yang dihasilkan oleh ban.

Ban ini mampu memberikan tingkat kepercayaan diri yang baik saat melewati jalanan bebatuan yang cukup licin. Selain itu, penumpang tetap nyaman karena tidak terlalu bising.

Pengetesan berikutnya adalah di trek aspal dan masih menggunakan Fortuner. Tapi, kali ini disediakan ban merek lain sekelasnya yang merupakan kompetitor terdekat dari Savero AT Pro. Gajah Tunggal menggunakan Racelogic sebagai alat pengetesan.

Pengetesan ban GT Radial Savero AT ProKompas.com/Donny Pengetesan ban GT Radial Savero AT Pro

Pada pengetesan kali ini, fitur kontrol traksi dimatikan untuk merasakan akselerasinya. Kemudian, dilanjutkan dengan tes pengereman mendadak untuk mengetahui seberapa jauh pengereman yang dihasilkan mulai 70 Km per jam hingga berhenti.

Pada ban merek lain, pengereman yang dihasilkan berjarak 22,62 meter. Sedangkan Savero AT Pro, sedikit lebih baik dengan 22,05 meter.

Setelah itu, Fortuner diajak melaju hingga 60 Km per jam, dan dibelokkan secara patah. Hasilnya, cengkraman ban tetap baik dan bagian belakang tidak terlalu membuang.

Peluncuran ban All Terrain GT Radial Savero AT ProKompas.com/Donny Peluncuran ban All Terrain GT Radial Savero AT Pro

Lalu, rintangan berikutnya adalah Moose Test, di mana mobil melaju hingga 60 Km per jam, lalu dibelokkan secara tiba-tiba. Pengetesan ini untuk menyimulasikan seandainya mobil harus menghindari suatu objek saat melaju dalam kecepatan tinggi di jalan raya.

Berita selanjutnya